Rabu, 14 Februari 2018

Pasar Kelandasan

Pasar Kelandasan 

Pasar Kelandasan adalah salah satu pasar tradisional di Balikpapan. Pasar yang lumayan bersih. Istriku sangat suka berbelanja di pasar ini, terutama untuk membeli ikan-ikan laut yang segar hasil tangkapan nelayan yang baru diturunkan. Balikpapan ini memang surga untuk hasil laut. Berbagai jenis ikan yang aku tidak semuanya faham namanya. Tidak jarang terlihat ikan-ikan laut yang dijual itu masih hidup. Aku yang biasanya tidak terlalu suka menemani istri berbelanja ke pasar, kalau ke pasar Kelandasan ini tidak berkeberatan. Senang sekali melihat aneka ikan-ikan segar itu. 

Kalau kami berkunjung ke Balikpapan dipastikan ada acara membuat gulai kepala kakap di rumah. Aku sendiri atau istriku yang memasaknya. Pada kunjungan kali ini istriku yang membuatnya. Berbeda sekali rasanya ketika ikan yang dimasak masih segar.

Dan perlu pula berbelanja ikan untuk dibawa ke Jatibening. Kakap besar, udang galah, ikan kuwe. Secukupnya saja, tidak untuk kelebihan berat bagasi pesawat. Semuanya setelah dipotong-potong dan dibersihkan dimasukkan ke dalam freezer untuk dipak ke dalam kotak steorofom. Udang galah memang hasil laut / sungai yang sangat favorit sejak kami tinggal di Balikpapan beberapa puluh tahun yang lalu. Ah, dulu itu.... Setiap kali kami menerima tamu dari kampung atau dari Jakarta, disuguhi dengan udang galah besar digoreng..... Yang bau harumnya memenuhi rumah. Pernah kami mendapat tamu yang benar-benar hanya menyantap udang-udang itu saja....

Ada lagi belanjaan yang murah di pasar ini yaitu kikil sapi. Satu kaki yang di Jakarta harganya sekitar 90 ribu rupiah, di Balikpapan hanya 50 ribu saja. Seperti itu perbandingan harganya empat tahun yang lalu dan masih seperti itu sekarang. Dan istriku membeli beberapa buah kaki sapi yang juga akan dibawa pulang. Caranya sama, dibersihkan lalu disimpan di freezer sebelum dipak untuk dibawa.    

Sudah berakhir pula kunjungan kami selama seminggu di Balikpapan. Hari ini kami kembali ke Jatibening. Dengan oleh-oleh ikan yang dibeli di pasar Kelandasan.

****            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar