Rabu, 13 Desember 2017

Dagelan

Dagelan   

Memperkarakan orang yang satu ini ternyata benar-benar sebuah lelucon. Sebuah dagelan. Sebelum dia ditangkap petugas telah terjadi beberapa adegan konyol. Adegan sinetron film kartun, yang tidak untuk dipercayai namun terjadi. Ada acara dia kecelakaan karena mobil yang ditumpanginya menabrak tiang listrik. Berita tabrakan ini saja sudah merupakan sebuah adegan yang menarik untuk ditonton meski tidak menarik untuk dipercayai.

Konon beliau cedera parah akibat kecelakaan itu dan langsung dibawa ke rumah sakit. Maka berbicaralah penasihat hukumnya dengan bahasa gaya sinetron doraemon lagi. Bahwa beliau cedera parah. Ada luka, ada memar ada benjol sebesar...... ah malas kita mengulangi kata-kata sakti ini. Sedemikian parahnya, kata juru bicara yang sangat mengagumkan ini, hampir-hampir saja beliau itu lewat dalam kecelakaan tadi. 

Dasar cerita doraemon, keesokan harinya dokter dari rumah sakit lain yang datang memeriksa menemukan beliau dalam keadaan sehat-sehat, segar bugar. Tidak ada itu yang namanya luka, memar, benjol dan sebagainya. Singkat cerita, beliaupun digelandanglah. Dipakaikan baju seragam khusus berwarna oranye. Apa boleh buat.  

Proses hukum dilanjutkan. Beliau dihadapkan ke muka majelis hakim dalam sebuah pengadilan resmi. Ditonton oleh banyak penonton. Dan ada pula yang membuat rekaman video. Ini bagian lain dari dagelan itu. Hakim bertanya berkali-kali, sekedar menanyakan identitas beliau. Menanyakan apakah beliau yang bernama....... Apa reaksinya? Dia membisu sepuluh ribu bahasa.  Tidak menjawab sepatah katapun. Sakitkah dia? Apakah kalau sakit yang masih bisa didudukkan di ruang sidang seseorang tiba-tiba bisa tidak pandai berbicara? Itulah bagian lain dari dagelan.

Konon malam sebelumnya, di kamar tahanan beliau mencret sampai dua puluh kali. Tapi dibantah oleh petugas keamanan rumah tahanan. Beliau hanya dua kali masuk ke peturasan sepanjang malam. Dan tidur nyenyak sejak jam delapan malam. 

Lalu ada tiga orang dokter yang memeriksa kesehatannya sebelum dibawa ke ruang sidang, dan ketiga dokter itu menyatakan bahwa dia sehat-sehat saja. Jadi ada apa ini sebenarnya? Tidak ada apa-apa, beliau hanya seorang pemain sandiwara.

****                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar