Jumat, 23 Desember 2016

Cerita Tentang Obat Alternatif

Cerita Tentang Obat Alternatif  

Melalui media FB ataupun WA ataupun media lain tempat berbagi informasi, sangat banyak berseliweran cerita tentang obat alternatif. Meski sepertinya sebagian besar dari cerita atau berita itu merupakan copy/paste dari sumber lain. Banyak sekali jenisnya dan untuk berbagai macam penyakit. Seperti obat sakit gula (diabetes), asam urat, gangguan ginjal, bahkan berbagai jenis kanker. Rata-rata bercerita tentang obat yang sangat manjur yang mampu menyembuhkan penyakit dalam waktu sangat singkat. Biasanya pula obat-obat seperti ini berbahan dasar tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan.

Sejauh mana keampuhannya? Wallahu a'lam. Akupun pernah tergoda untuk mencobanya. Aku mengidap penyakit asam urat sudah sejak lama. Ada yang menginformasikan obat asam urat dengan nenas + lobak cina diblender dan diminum airnya.Ternyata tidak berpengaruh apa-apa.  Lalu ada yang berkomentar bahwa obat itu memang cocok-cocokan. Untuk sebagian orang dia manjur tapi tidak untuk sebagian yang lain. Ada teman lain yang mencoba obat yang sama ternyata malahan terganggu oleh kambuhnya sakit mag akibat meminum air nenas itu. 

Aku biasa mencoba obat-obat alternatif untuk penyakit asam uratku karena obat dokter memberikan efek samping. Meminum obat dokter (alupurinol) selama tiga hari berturut-turut menyebabkan timbul sariawan sangat serius di mulut. Asam uratnya tidak teratasi, penyakit lain muncul.

Seorang teman (dokter) memberi nasihat untuk tetap berhati-hati dalam mencoba obat-obat alternatif itu karena biasanya belum ada bukti ilmiah tentang kemanjurannya. Nasihat ini mungkin cukup bijak. Aku setuju sekali dengan nasihat ini. 

Terakhir aku membaca postingan seseorang di WA tentang pernyataan seorang dokter yang mengobati penyakit gulanya dengan meminum minyak zaitun. Menurut cerita tersebut dia berhasil menurunkan kadar gula darahnya dengan meminum 2 sendok makan minyak zaitun selama tiga hari berturut-turut.

Kita tentu sangat boleh berikhtiar mencoba obat dalam mengatasi penyakit. Karena setiap penyakit telah Allah sediakan obatnya. Namun perlu kita ingat bahwa obat hanyalah sekedar usaha untuk mencari kesembuhan sementara kesembuhan itu sendiri ada di tangan Allah Yang Maha Kuasa. 


****
                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar