Selasa, 23 Mei 2017

Selamat Tinggal Pau

Selamat Tinggal Pau    

Hari ini, Rabu tanggal 24 Mai 2017, sesuai dengan jadwal, kami akan meninggalkan Pau di Perancis Selatan. Tempat tinggal si Tengah dan suaminya serta anak-anak mereka Hamizan dan Fathimah. Setelah bersama-sama selama 48 hari, sejak tanggal 6 April yang lalu. Melewatkan hari-hari yang sangat menyenangkan. Di lingkungan yang damai dan aman. Damai karena di sini aku mendengarkan kicau murai dan terkukunya burung balam di pagi hari. Menyenangkan bercanda dan bermain-main dengan Hamizan dan Fathimah.

Hari-hariku kubuat seperti di Jatibening. Bangun satu jam sebelum masuk waktu subuh. Waktu shalat yang selalu bergeser sekitar dua menit setiap hari. Waktu baru datang di awal April dulu, waktu subuh adalah jam 6.25. Tadi pagi sudah jam 5.07. Pergi shalat berjamaah ke mesjid yang kira-kira 400 meter dari tempat kami tinggal. Dengan mengendarai mobil kalau berdua dengan menantu, atau dengan sepeda kalau pas si menantu ketiduran. Berjamaah dengan kadang-kadang sampai seratus orang. 

Tidak ada masalah untuk keluar rumah di waktu subuh yang dinginnya menusuk. Dan sepulang dari mesjid itulah, di keremangan pagi, terdengar murai berkicau. Dengan kicauan seperti dulu di waktu aku masih kanak-kanak di kampungku. Setelah itu mengaji dan mendengarkan kaji. Menemani menantu dan Izan sarapan sebelum mereka berangkat ke tempat kerja dan ke sekolah.

Dan sudah dibawa meraun kian kemari oleh si menantu. Benar-benar hari-hari yang indah.

Hari ini kami akan tinggalkan Pau. Menuju Toulouse, sekitar 200 km dari Pau. Semua ikut mengantar. Menantu mengambil cuti dan Hamizan diliburkan hari ini. Dari Toulouse kami akan terbang ke Schiphol di Amsterdam dan transit selama 4 jam di sana. Seterusnya ke Kuala Lumpur dan terakhir ke Cengkareng di Jakarta. In sya Allah kami akan sampai menurut rencana hari Kamis besok menjelang maghrib. 

Selamat tinggal Pau. Selamat tinggal jamaah mesjid Pau. Selamat tinggal menantuku, Tengah, cucu-cucuku Hamizan dan Fathimah. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat ini.

****                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar