Kamis, 29 Desember 2016

Dibuai Perjalanan Waktu

Dibuai Perjalanan Waktu  

Beberapa puluh jam lagi kita akan melewati pergantian tahun. Tahun 2016 akan segera berakhir dan kita akan memasuki tahun baru 2017. Biasanya, sebahagian dari kita akan menggumam, 'cepatnya waktu berlalu' ketika melalui saat-saat seperti ini.  Karena memang demikian adanya. Waktu aku masih aktif bekerja, terasa benar cepatnya waktu demi waktu itu berlalu. Setiap kita memulai awal pekan di hari Senin, lalu kemudian menutup pekan di hari Jum'at, sering kita mendengar ocehan rekan sekantor, 'sudah  Jum'at lagi'. Selalu saja begitu.

Dulu aku merasa bahwa sesudah pensiun hari-hariku akan lebih panjang. Ternyata tidak. Aku selalu menyadari bahwa hari-hari itu berlalu dengan sangat cepat. Sejak bangun sebelum subuh sampai tidur lagi sekitar jam sepuluh malam, tertidur lalu terbangun lagi di waktu subuh. Hari demi hari berulang dengan rithme yang sama. Dan terasa sangat cepat. 

Sering aku menoleh jauh ke belakang, terutama ketika ingat atau melihat kenangan beberapa tahun yang lalu. Ketika melihat foto atau membaca catatan lama. Dan langsung terkesima ketika menyadari bahwa kejadian itu telah berlalu puluhan tahun. Kemarin misalnya ada kemenakan yang memposting foto tahun 1994. Anakku berkomentar bahwa aku masih terlihat 'segeh' waktu itu. Ya iyalah, karena foto itu diambil ketika aku 'baru' berumur 43 tahun. 

Lalu apa yang terpikirkan ketika tersentak dalam mengamati pergeseran waktu itu? Bagiku yang teringat adalah umur yang tersisa. Aku semakin dekat ke garis finish. Ke penghujung kehidupan ini. Berapa lagi yang tersisa hanya Allah saja yang tahu. Peringatan itu lebih menyentak lagi ketika aku ikut mengantarkan jenazah ke pekuburan seperti yang aku lakukan kemarin. Gilirankupun pasti akan sampai.   

Takut dan cemas menghantui pikiranku kalau teringat akan kematian. Karena bekalku yang sangat sedikit untuk menghadap Allah. Bagaimana aku akan menjawab setiap soal mengenai petualangan kehidupanku di hadapan pengadilan Allah nanti.  

Ya Allah! Matikanlah aku pada waktunya dalam keadaan husnul khaatimah..... Aamiin.

****            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar