Selasa, 29 Agustus 2017

Halusinasi, Bisikan-bisikan Setan

Halusinasi, Bisikan-bisikan Setan 

Seseorang yang gemar membaca cerita-cerita khayal, sangat mudah  terpengaruh dengan membayangkan semua cerita khayal itu seolah-olah adalah kejadian sebenarnya. Ada seorang kemenakan yang selalu berhalusinasi tentang makhluk luar angkasa atau alien. Dia dihantui bayangan tentang alien yang seperti selalu ada di sekitar dirinya. Kadang-kadang dia seperti ketakutan luar biasa karena merasa sedang diancam oleh alien tersebut. Ternyata semua itu berasal dari kebiasaannya membaca artikel tentang alien di internet.  

Khayalan bisa pula datang setelah menonton film. Keasyikan mengikuti cerita sebuah filem menjadikan seseorang hanyut bagaikan dia masuk kedalam kejadian di dalam film yang ditontonnya.

Berhalusinasi atau mengkhayal bisa terjadi pada siapa saja. Khalayalan adalah sesuatu yang tidak nyata, tapi dibayangkan seperti sebuah kenyataan. Ada orang yang sudah beranjak tua, sudah kehilangan banyak kemampuan, lalu berkhayal tentang kehidupannya ketika masih muda. Membayangkan bahwa dia masih kuat, masih gagah, masih perkasa. Dia merasa bahwa yang dialaminya dengan berkurangnya kemampuan bukanlah karena uzur ketuaan. 

Berkhayal sebenarnya adalah tipu daya setan terhadap manusia. Setan membisik-bisikkan kebohongan di dalam dada kita. Kalau kita perturutkan khayalan demi khayalan itu niscaya kita akan terpengaruh menjadi sesat. Menjadi tidak mengimani kenyataan.

Halusinasi atau khayalan itu bisa tentang yang 'indah-indah' tapi bisa juga tentang yang buruk dan mengerikan. Tentang yang indah-indah seperti kesenangan dunia yang tidak mungkin dicapai. Tentang keburukan seperti dihantui oleh rasa takut berlebihan. 

Hendaklah kita rajin-rajin membaca surat An Naas. Yang salah satu ayatnya adalah meminta perlindungan Allah dari bisikan was-was ke dalam dada yang datang dari setan. Baik setan golongan jin maupun golongan manusia.   

****      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar