Rabu, 09 Maret 2016

Shalat Gerhana Matahari

Shalat Gerhana Matahari  

Pagi ini ada gerhana matahari. Gerhana matahari total untuk sebagian tempat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku bagian utara. Dan gerhana matahari sebagian di Jawa. Dengan pengetahuan ahli astronomi, kejadian gerhana ini dapat diperkirakan waktu terjadi dan lamanya. Orang ramai membicarakan akan datangnya gerhana sejak beberapa hari sebelumnya. Khusus untuk gerhana matahari total ini sangat menarik bagi sementara orang untuk menyaksikan di tempat kejadian. Menurut informasi banyak juga pendatang asing berdatangan ke Indonesia kali ini.

Gerhana matahari atau gerhana bulan adalah fenomena alam, ketika dengan kekuasaan Allah matahari, bumi dan bulan terletak dalam satu garis lurus. Ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, dan bulan sendiri secara perlahan-lahan menutupi matahari, maka pada saat itulah terjadi gerhana matahari. Disebut gerhana matahari total ketika bulatan matahari seutuhnya tertutup oleh bulan. Pada saat itu bumipun jadi gelap. Puncak gerhana matahari total itu bisa berlangsung beberapa menit dan hari tiba-tiba berubah seperti malam. Sedangkan gerhana bulan terjadi di saat matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis. Bulan yang terlihat bercahaya, tiba-tiba menjadi redup karena ditutupi oleh bayang-bayang bumi.

Fenomena gerhana adalah salah satu bukti keMaha Perkasaan Allah. Allah yang mengatur benda-benda langit ini untuk berotasi dan bergeser dari posisinya dengan sebuah keteraturan yang luar biasa. Allah mengingatkan kita pada surat Yasin ayat 38 dan 40: 'Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui (ayat 38). Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya (ayat 40).'

Islam mengajarkan agar kita menyadari kekuasaan Sang Maha Pengatur dengan peristiwa alam ini. Kita diajarkan oleh Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam untuk segera mengingat Allah ketika mengalami peristiwa gerhana. Melakukan shalat sunat gerhana, selama berlangsungnya peristiwa itu. Dalam sebuah shalat yang khusus pelaksanaannya dan panjang waktunya.

Aku menjalankan shalat sunat gerhana pertama kalinya ketika terjadi gerhana matahari total tahun 1983 di Balikpapan. Di mesjid pesantren Hidayatullah di Karang Bugis. Imamnya membaca surah al Baqarah seutuhnya kala itu dalam shalat yang lamanya lebih dari dua jam, selama berlangsungnya gerhana.

Kami berusaha melaksanakan shalat sunat gerhana setiap kali terjadi kejadian alam itu di mesjid komplek perumahan kami di Jatibening. Jamaah yang ikut shalat gerhana meningkat setiap kali. Dan puncaknya adalah tadi pagi karena pengurus mesjid mengumumkan rencana shalat gerhana kali ini dengan lebih intensif. Tadi pagi sekitar 150 orang hadir di mesjid kami (100 orang jamaah laki-laki dan 50 orang jamaah perempuan). Sepertinya kesadaran umat Islam untuk melaksanakan shalat gerhana di banyak mesjid lain juga meningkat. Mudah-mudahan Allah meridhai setiap amal kita. Aamiin.

****                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar