Senin, 22 Mei 2017

Pasar Tradisional Di Pau

Pasar Tradisional Di Pau 

Kota Pau boleh dikatakan kota kecil di Perancis. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan Paris, Marseille, Lyon, Bordeaux misalnya. Tapi kota ini tidak kekurangan pasar swalayan besar (hypermarche kata orang Perancis). Pasar-pasar swalayan itu ada beberapa buah dengan segala macam barang dagangan yang sangat lengkap di dalamnya.  


Yang unik adalah keberadaan pasar tradisional, yang menempati seruas jalan sepanjang beberapa ratus meter. Pasar tradisional di Pau ini dibuka setiap Ahad pagi. 

Ada tenda-tenda dan meja-meja tempat barang dagangan dipajang bersusun-susun. Sebagian besar yang dijual adalah bahan makanan mulai dari sayur mayur, buah-buahan dan berbagai macam daging, keju, susu. Ada juga makanan yang sudah matang dan kue-kue. Selain bahan makanan meski tidak banyak ada pula pedagang tekstil dan peralatan rumah tangga. 

Masing-masing pedagang berkelompok bersama-sama, seperti pedagang sayur mayur sama-sama pedagang sayur, pedagang buah-buahan sesamanya pula dan lain sebagainya. Masing-masing sama-sama mendapatkan pembeli. Tidak kurang pula yang berteriak-teriak menjajakan dagangannya. Kebanyakan dari mereka adalah para imigran dari Maroko. Si Tengah menjuluki pasar ini sebagai pasar Arab, meski tidak semua pedagangnya orang Arab Maroko. 

Hari Ahad kemarin kami pergi ke pasar tradisional ini. Istriku yang selalu menagih untuk berkunjung, karena ingat keunikan berbelanja di sana pada kunjungan kami dua tahun yang lalu. Memang masih sama keadaannya. Pengunjungnya tetap ramai. Jelas bahwa pasar ini bukan arena perdagangan ecek-ecek.

Si Tengah mampir dan membeli kuskus dan 'gulai' ayam kesukaan Hamizan. Dan ayam 'tawaf', ayam utuh yang dibakar di pemanggangan berputar. 

Sepertinya pasar tradisional seperti ini  sangat umum di Perancis . Aku ingat, dekat tempat tinggal kami di Courbevoie hampir 30 tahun yang lalu juga ada pasar seperti ini. Pasar sekali seminggu itu, begitu selesai waktunya (setengah hari) langsung dibersihkan sebersih-bersihnya.




                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar