Selasa, 29 November 2016

Belanja On Line

Belanja On Line   

Belanja on line adalah termasuk hal baru, yang tidak kita kenal belasan tahun yang lalu.  Sekarang kita bisa membeli banyak hal (barang) tanpa harus pergi ke toko atau ke pasar. Cukup dipesan melalui internet, atau melalui pesan singkat entah dengan sms atau WA, yang kita alamatkan ke penyedia barang yang kita inginkan lalu mereka akan mengirimnya ke alamat kita. Cukup banyak jenis barang yang bisa kita beli dengan cara on line seperti itu. Termasuk alat-alat elektronik, buku-buku, pakaian, tas dan bahkan makanan. Anak sulungku sedang merintis usaha penjualan kue-kue secara on line.  Benar-benar sebuah terobosan.

Beberapa hari yang lalu kami mengadakan acara pertemuan silaturahim / arisan di rumah seorang saudara. Di antara hidangan makanan siang yang disajikan ada gulai itiak lado mudo yang didatangkan dari Bukit Tinggi. Mulanya, aku bertanya dengan agak bodoh, siapa yang baru datang dari kampung. Saudara itu menjawab, itiak lado mudo ini yang baru datang dari Bukit Tinggi. Dan dia datang sendiri, tambahnya. Aku baru sadar bahwa ternyata gulai itik itu dipesannya secara on line

Bukannya tidak percaya dengan keterangan saudaraku itu, sementara aku malu bertanya bagaimana cara memesannya, iseng-iseng aku cari di internet informasi tentang kedai gulai itiak lado mudo yang terletak di Ngarai Sianok Bukit Tinggi. Dan ketemu. lengkap dengan nomor hape pemilik kedai. Dan nomor itu ternyata terdaftar di WA. Aku hubungi nomor tersebut melalui pesan WA, dan menanyakan bagaimana cara memesan gulai itiknya. Pesanku dijawab dan katanya, beritahukan saja alamat bapak. Aku tanya lagi, berapa harganya dan kemana harus ditransfer uang pembayarannya. Dijawab lagi, nanti sajalah kalau barang sudah dikirim.

Lalu aku kirim nama dan alamat lengkapku. Aku masih menunggu-nunggu informasi harga dan nomor rekening bank pemilik kedai. Tidak kunjung ada jawaban. Tiba-tiba tadi pagi aku menerima paket dari Bukit Tinggi yang diantar petugas Tiki. Kiriman gulai itik tersebut ternyata. Lha, bagaimana ini? Harga dan kemana harus dibayar belum dikasih tahu. 

Segera aku kirim pesan WA lagi, memberi tahu bahwa kiriman gulai itik sudah sampai, harap diinfo berapa harganya dan kemana ditransfer uangnya. Perlu pula menunggu dua jam sebelum jawabannya akhirnya datang. 

Pembayarannya segera aku kirim dengan internet banking. Foto bukti transfer aku kirim lagi melalui WA dan dia mengucapkan terima kasih. Hebat betul pengusaha gulai itik ini menjalankan bisnis on line nya.  Alhamdulillah, malam ini kami akan menikmati gulai itiak lado mudo dari lapau di Ngarai Sianok Bukit Tinggi.

****                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar