Kamis, 10 November 2016

Awas! Orang Munafik Lebih Berbahaya Dari Orang Kafir

*RENUNGAN JUM'AH : Awas! Orang Munafik Lebih Berbahaya Dari Orang Kafir*

 Dari kiriman seorang teman di WAG (dengan sedikit editan).

_“Yang menghancurkan Islam adalah orang alim yang menyimpang, orang munafik yang pandai mendebat al-Qur’an dan menggunakan al-Qur’an untuk kepentingan pribadi, serta para pemimpin sesat.” (Umar bin Khaththab Radiyallaahu 'anhu)_

Jangan remehkan orang munafik, sungguh kekacauan dalam umat Islam banyak disebabkan oleh orang-orang yang munafik, yakni musuh di dalam selimut, mengaku Islam... mengaku beriman, padahal tidak. Kata-kata mereka terdengar hebat, terdengar logis, hingga semua orang mendengarkan pernyataannya, akan tetapi ketahuilah bahwa Allah telah menyatakan mereka inilah (orang-orang munafik) musuh yang sebenarnya:
_“Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata, kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukkan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah terhadap mereka, semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan dari kebenaran?”_ (QS. Al-Munafiqun : 4)

Bagaimana ciri-ciri orang munafik? Ciri kemunafikan ada 3 sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam; "Tanda orang munafik itu tiga, apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji mungkir, dan jika dipercayai mengkhianati.” (HR Al-Bukhari)

Tetapi bukan hanya itu, orang munafik juga biasanya memiliki dua muka, mereka tidak segan melakukan sesuatu untuk mengolok-olok kaum mukmin dan mendukung orang-orang kafir. 

Berhati-hati benarlah dengan orang-orang munafik. Dan peliharalah diri kita dari kemunafikan. Untuk yang masih ragu2 juga, karena tidak tahu, simak ayat2 Allah berikut ini. An Nisaa ayat 138 - 139:

"Beritakanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang menghinakan. Yaitu orang-orang yang mengangkat orang-orang kafir menjadi wali (penolong / pemimpin) bukan orang-orang Mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan dari orang-orang kafir itu? Sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah."

Dan perhatikanlah janji Allah untuk orang-orang munafik di ayat 145: 

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu ditempatkan di tingkat paling bawah dalam neraka. Dan tidak ada penolong bagi mereka."

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar