Minggu, 05 Maret 2017

Bencana Longsor Di Pangkalan Koto Baru

Bencana Longsor Di Pangkalan Koto Baru   

Sebuah peristiwa tragis dan menyedihkan terjadi hari Jumat tanggal 3 Maret yang lalu di daerah Pangkalan Koto Baru di Sumatera Barat. Banjir bandang yang merendam rumah-rumah penduduk dan tanah longsor yang merusak dan menghancurkan jalan. Pangkalan Koto Baru dilintasi jalan raya yang menghubungkan Bukit Tinggi dengan Pakan Baru. Lintasan ini dilalui ribuan kendaraan bermotor setiap harinya. Kejadian tanah longsor itu mengerikan sekali. Menurut berita ada 30 titik longsor yang sebagian besarnya memutus jalan raya. Banyak kendaraan yang terbawa tanah longsor masuk ke dalam jurang ataupun tertimbun longsoran. Yang selamat dari tanah longsor terjebak, tidak bisa maju dan tidak bisa mundur karena jalan raya putus. 

Sungguh mengerikan sekali. Banyak korban jiwa meski jumlah pastinya belum diketahui. Yang sudah dievakuasi adalah mayat dari mereka yang terjebak di dalam mobil yang jatuh ke dalam jurang. Ini benar-benar musibah yang menyedihkan. Yang terperangkap di tengah jalan mungkin ratusan banyaknya, menunggu bantuan penyelamatan dan sementara itu menderita lapar dan haus. Tidak terbayangkan penumpang-penumpang bus, ataupun penumpang kendaraan pribadi yang mengalami kejadian tersebut. 

Aku sangat ngeri membayangkan saat terjadinya musibah ini. Aku telah melintas di jalan itu berpuluh-puluh kali, sejak masih duduk di bangku SMA tahun 1967 sampai tahun kemarin. Boleh dikatakan setiap kali pulang ke kampung aku dan keluarga menyempatkan pergi ke Pekan Baru karena di sana ada adik dan ipar-iparku. Dan pastilah melintas di jalan yang sama.  Betapa ngerinya, ketika kita sedang meluncur di jalan raya, tiba-tiba tanah yang dilalui bergerak, meluncur terban. Atau menimpa kendaraan kita. Atau ketika kita menyadari perjalanan tidak bisa lagi diteruskan karena di hadapan tiba-tiba menganga lobang besar akibat longsor. Ma sya Allah. Betapa kecil dan tidak berdayanya kita sebagai manusia kalau sudah berhadapan dengan musibah seperti ini.  

Kenapa longsor? Pasti akan muncul pertanyaan seperti ini. Secara sederhana jawabannya adalah karena tidak stabilnya tanah yang permukaannya berbukit-bukit seperti di sekitar kawasan bencana. Kenapa tanahnya menjadi tidak stabil? Mungkin karena pohon-pohon yang menahan tebing-tebing tersebut tidak mencukupi lagi. Lalu daerah itu ditimpa hujan berhari-hari. Air hujan yang meresap ke dalam tanah tidak tertahan karena berkurangnya pepohonan dan akhirnya menyebabkan tanah bergerak turun. Itulah longsor. Sebahagian dari penyebab bencana alam itu adalah ulah tangan manusia juga yang tidak arif dalam bersahabat dengan alam. 

Kita berduka. Mudah-mudahan yang tewas dalam musibah itu meninggal dalam husnul khaatimah. Mudah-mudahan mereka-mereka yang terluka, yang terperangkap cepat tertolong. Mudah-mudahan keluarga yang ditimpa musibah tetap sabar. Aamiin.

****                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar