Jumat, 30 Juni 2017

Menoleh Sedikit Ke Belakang, Lalu Perhatikanlah!

Menoleh Sedikit Ke Belakang, Lalu Perhatikanlah!    

Sering sekali kita tersadar tentang cepatnya waktu berlalu. Apalagi dengan mengingat kejadian-kejadian agak khusus yang kita lalui. Aku terbiasa menoleh ke belakang, ke kejadiaan yang telah berlalu itu. Baru kemarin rasanya aku dirawat di rumah sakit karena tidak bisa buang air kecil. Padahal kejadian tersebut sudah 3 tahun yang lalu. Masih sangat dekat rasanya ketika aku memulai pensiun dari tempat aku bekerja selama hampir tiga puluh tahun, padahal itu sudah sepuluh tahun yang lalu. Begitu seterusnya, seperti masih kemarin ketika aku dan keluarga pindah dari Balikpapan ke Jatibening. Atau seperti masih kemarin ketika aku sekolah di Bandung. 

Semua kenangan masa lalu itu bisa menari-nari dalam ingatan. Bahkan sebahagian terasa masih sangat segar. Entah itu pengalaman pahit karena sebuah kegagalan, atau kenangan manis ketika berhasil dalam suatu pencapaian. Lalu ketika direntang waktunya ke belakang, ternyata kejadian-kejadian tersebut telah berlalu berpuluh tahun.

Apa artinya? Tentu saja artinya sudah sangat jauh perjalanan hidup yang aku tempuh. Dan aku sudah semakin mendekat ke garis finish. Hari yang dijanjikan itu pasti akan datang. Karena memang begitu adanya ketetapan Allah, kita sebagai makhluk Allah hanya singgah sebentar di dunia ini. Allah mengingatkan di dalam surat Al Insyiqaaq ayat 6; 'Hai manusia! Sesungguhnya kamu selalu bekerja keras menuju Rabbmu, maka kamu pasti menemui-Nya.' Setiap kita bekerja keras mengharungi hidup ini, mengisinya dengan berbagai kesibukan, namun semua itu pasti akan berakhir dengan datangnya waktu kita kembali kepada-Nya. 

Justru bekal untuk kembali menghadap-Nya itu yang seharusnya diperhitungkan. Dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Tanpa persiapan yang memadai untuk menggapai ridha-Nya, betapa akan ruginya kita. Karena janji Allah pasti. Di sana, di kampung akhirat kita akan memetik apapun yang kita tanam selama persinggahan di dunia ini.  Persiapan yang tidak pula akan mudah kalau kita tidak mendapat bimbingan dan petunjuk Allah. 

Ya Allah hamba memohon kepada-Mu, agar Engkau matikan hamba dalam husnul khatimah. Agar Engkau karuniai hamba dengan taubatan nashuha sebelum mati. Agar Engkau ampuni segala dosa dan khilaf yang hamba perbuat. Aamiin. 

****                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar