Minggu, 26 November 2017

Jamaah Shalat Subuh

Jamaah Shalat Subuh      

Shalat fardhu berjamaah di masjid adalah amalan yang sangat tinggi nilainya di sisi Allah terutama bagi laki-laki. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskankan, bahwa shalat fardhu berjamaah di masjid itu menjadi pembeda antara orang beriman dan orang munafik. Dan di antara shalat berjamaah di mesjid yang paling berat adalah shalat isya dan subuh. Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menegaskan, 'Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.' (Hadits riwayat Bukhari  dan Muslim). 

Buya Hamka pernah mengatakan kalau ingin melihat jumlah orang Islam di suatu negeri lihatlah ketika mereka mendatangi shalat Id. Akan tetapi kalau ingin melihat jumlah orang beriman di negeri itu lihatlah ketika mereka hadir di mesjid untuk shalat subuh.

Di komplek perumahan kami yang kecil, yang terdiri dari sekitar 200 buah rumah, kami mempunyai sebuah mesjid jami'. Mesjid tempat dilaksanakannya shalat fardhu berjamaah. Beberapa belas tahun yang lalu, jamaah shalat (terutama subuh) mesjid ini mencapai seratusan orang, terdiri dari 70an orang laki-laki dan sisanya jamaah wanita. Lumayan banyak mengingat jumlah itu meningkat dalam beberapa tahun, dari sebelumnya hanya belasan orang saja. Umumnya para jamaah tersebut adalah pensiunan. Namun jumlah itu pelan-pelan menurun, sehingga yang tinggal hanya sekitar 60 - 70 orang saja, karena satu persatu dipanggil Allah Ta'ala serta ada juga yang pindah alamat.

Tapi sejak lebih kurang setahun terakhir, jumlah jamaah kembali meningkat bahkan jumlahnya lebih tinggi dari yang pernah dicapai belasan tahun yang lalu itu. Yang cukup menarik jumlah jamaah yang masih muda juga bertambah. Bahkan ada anak-anak yang berusia dibawah sepuluh tahun, ikut dengan ayahnya dengan rajin setiap subuh. Shalat yang paling ramai jamaahnya di mesjid kami adalah shalat subuh dan maghrib.

Mudah-mudahan Allah meneguhkan hati kami para jamaah mesjid ini untuk tetap istiqamah menegakkan shalat fardhu berjamaah. Aamiin.

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar