Rabu, 25 Januari 2017

Pengaruh Vetsin

Pengaruh Vetsin   

Vetsin atau penyedap makanan begitu populer. Ada beberapa merek dagang dari vetsin yang beredar di pasar. Dan banyak makanan / jajanan cepat saji seperti  mie bakso, nasi goreng dan masakan lainnya memakai vetsin dalam jumlah banyak. Menggunakan vetsin memang menjadikan masakan jadi terasa gurih. Bahkan di jaman mahasiswa dulu, ada teman yang merekomendasikan makan pakai kecap dibubuhi vetsin ditambah kerupuk, terutama di penghujung bulan ketika kiriman uang dari orang tua belum sampai. Dan terasa 'cukup' enak di lidah.

Terlepas dari apakah penyedap makanan mempunyai akibat sampingan yang tidak baik untuk tubuh kita seperti yang di duga sementara orang, aku termasuk yang tidak menyukai penggunaannya. Aku punya kelemahan khusus kalau mengkonsumsi makanan bervetsin. Segera sesudah memakan hidangan seperti itu aku didera haus luar biasa. Perlu bergelas-gelas air untuk menawarkannya. Itulah sebabnya aku tidak terlalu suka makan jajanan seperti mie bakso atau nasi goreng. Kalau memesannya juga di restoran, aku berwanti-wanti agar untukku jangan memakai vetsin. Yang agak repot kalau hadir di acara keluarga seperti arisan. Kita tidak tahu makanan mana yang menggunakan vetsin. Dan tidak mungkin juga untuk memeriksa dengan menanyakan satu persatu. 

Di rumah aku cukup rajin bereksperimen memasak. Membuat nasi goreng, mie, kwetiaw, bihun dan sebagainya. Cucu-cucuku menyenangi masakan-masakan tersebut dan biasa memujinya. Semua pasti tanpa vetsin. 

Kemarin siang, aku dan istri mampir di sebuah restoran di daerah Tebet. Kami kelaparan pulang dari mengantar jenazah seorang saudara ke pemakaman. Restoran yang kami kunjungi menghidangkan aneka masakan bebek dengan sistim prasmanan. Kita mengambil nasi dan lauk berikut sayuran yang kita suka. Cukup enak memang. Tapi ketika selesai makan barulah aku sadar bahwa aku jadi haus luar biasa. Seperti biasanya kalau aku baru menyantap masakan bervetsin.

Pengaruhnya memang tidak parah. Tidak ada sakit perut atau gangguan lain. Kecuali rasa haus itu saja. Tapi tetap saja tidak nyaman ketika kita selalu merasa haus berlebihan. 

****                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar