Jumat, 06 November 2015

Berkunjung Ke Kampus Unpad Jatinangor

Berkunjung Ke Kampus Unpad Jatinangor  

Si Bungsu dapat undangan memberi ceramah tentang kewiraswastaan dari BEM Unpad hari Rabu kemarin. Tadinya dia mau menyetir mobil sendiri ke Bandung. Tapi akhirnya, kami (aku dan istri) sepakat untuk ikut pergi meraun ke sana menemaninya. Dan itulah yang kami lakukan kemarin. Kami berangkat dari Jatibening jam 6 pagi. Jadwal dia untuk pertemuan tersebut adalah jam setengah sembilan. Kami keluar melewati Kalimalang, berputar ke jalan tol lingkar luar lalu masuk ke tol Cikampek. Di tol Cikampek tersendat sampai Bekasi Timur karena sepertinya ada kecelakaan. Tapi setelah itu alhamdulillah jalan lancar sampai ke ujung jalan tol di Cileunyi.

Kami sampai di kampus Jatinangor jam setengah sembilan kurang lima. Panitia acara sempat mengontak untuk mengetahui posisi kami ketika kami baru keluar dari jalan tol. Syukurlah bahwa kami tidak terlambat. Si Bungsu akan berada dalam acara itu menurut jadwal sampai jam setengah dua belas. Kami mencoba berkeliling di dalam kampus yang sangat luas ini. 

Aku sudah pernah mengunjungi kampus ini lebih sepuluh tahun yang lalu, memberi kuliah untuk mahasiswa geologi. Waktu itu hanya datang menuju sebuah ruangan, memberi kuliah, lalu langsung berangkat kembali. Jadi aku tidak tahu seberapa besar komplek kampus ini. Ternyata memang besar sekali. Dengan bangunan tiap-tiap fakultas yang juga besar-besar. Dan dengan kontur turun naik. Kesannya agak gersang, meski cukup banyak pohon-pohonan. Ada bus khusus untuk mengantar mahasiswa yang berjalan mengelilingi kampus. Anehnya, kemarin itu tidak banyak mahasiswa terlihat. Apakah mereka sedang sibuk di ruang kuliah? Atau di laboratorium? Hanya beberapa gelintir dari mereka yang terlihat di jalan.

Tentu saja kami tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat-lihat. Akhirnya kami beristirahat di mesjid kampus. Sempat bertanya-tanya sebelum menemukan lokasi mesjid tersebut. Mesjid itu cukup besar dan bersih. Jam setengah sepuluh istriku mengajak keluar karena capek juga duduk terlalu lama di dalam. Tapi mau kemana? Akhirnya kami pergi mengisi bensin. Sekalian sedikit berputar-putar di Jatinangor. Dan kembali lagi ke kampus. Kali ini kami mencari tempat parkir di bawah pohon. Lumayan adem, karena cuaca memang sangat panas. 

Sebelum jam setengah dua belas kami pindah ke tempat mendrop si Bungsu tadi (di depan Rektorat) dan menunggunya di sana. Ternyata dia baru keluar sudah hampir jam dua belas. Katanya acaranya sukses. Syukurlah. Kami kembali lagi ke mesjid untuk shalat zuhur. Sudah terlambat untuk shalat di awal waktu karena waktu zuhur jam 11.35.  

Setelah shalat kami tinggalkan Jatinangor untuk mampir dulu ke Bandung. Yang cukup membuat aku heran adalah bahwa ternyata ITB sekarang juga punya kampus di sini, persis di sebelah Unpad. Namanya Kampus ITB Jatinangor. 

Sebelum jam empat kami tinggalkan Bandung untuk kembali ke Jatibening. Perjalanan kami tersendat sejak dari Cikarang. Macet entah karena apa pula. Alhamdulillah, lewat sedikit waktu maghrib kami sudah sampai di rumah.

****                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar