Senin, 30 Oktober 2017

Pasa Ateh Bukit Tinggi Terbakar (Lagi)

Pasa Ateh Bukit Tinggi Terbakar (Lagi) 

Hari Senin tanggal 30 Oktober 2017, Pasa Ateh Bukit Tinggi terbakar lagi. Ini adalah kebakaran yang kesekian kalinya sejak pasar itu direnovasi, dibuat bertingkat di tahun 1970an. Sebelumnya, di area tersebut hanya ada los-los terbuka, yang kemudian dibangun sebagai pasar yang lebih permanen dan bertingkat, sehingga biasa juga dijuluki masyarakat setempat dengan pasa batingkek.  

Kebakaran kali ini adalah yang paling parah. Menurut berita  lebih dari 600 petak pertokoan yang hangus terbakar. Satu blok pasar itu boleh dikatakan porak poranda diamuk api. Api yang menyala sejak jam setengah enam pagi baru bisa dipadamkan jam setengah sebelas. Usaha memadamkan api, melibatkan belasan mobil pemadam kebakaran yang didatangkan dari kota-kota di Sumatera Barat. 

Sebagian besar dari toko-toko yang terbakar adalah toko-toko kain. Toko kain sulaman, kain songket, baju koko, busana muslimah dan sebagainya, disamping yang ditempati tukang jahit (taylor). Mungkin itu sebabnya api dengan cepat membesar. Entah berapa jumlah kerugian yang diderita para pedagang. 

Sesudah kebakaran-kebakaran yang terjadi sebelumnya, pertokoan bekas kebakaran itu hanya dipoles-poles alakadarnya dan seterusnya dipergunakan kembali oleh para pedagang. 

Entahlah, sesudah kebakaran kali ini, apakah bangunan pertokoan itu akan dirombak total dan dibangun baru atau akan kembali dipoles-poles saja. 

Ada sebuah 'keajaiban' di tengah puing-puing yang terbakar itu. Sebuah mushala kecil sama sekali tidak disentuh api, padahal toko-toko di sekelilingnya habis terbakar. Subhanallah....

Kita ikut prihatin dengan musibah yang menimpa. Kita doakan agar mereka yang mengalami musibah ini diberi kesabaran dan mudah-mudahan Allah mengganti kerugian mereka dengan yang lebih baik. Aamiin.

(Foto-foto ini di ambil dari kiriman yang beredar di WA).

****

                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar