Selasa, 08 November 2016

Demo Umat Islam 4 November 2016

Demo Umat Islam 4 November 2016    

Cukup menyentak sesudah menyimak acara demonstrasi umat Islam tanggal 4 November 2016 yang lalu di Jakarta. Menyentak karena begitu banyaknya peserta yang hadir berdemo, yang bahkan datang dari tempat-tempat yang jauh dari Negara Republik Indonesia. Menyentak karena jumlah peserta mungkin di luar dugaan siapa saja. Mengagumkan bahwa demo tersebut berjalan dengan tertib dan aman, kecuali terjadi huru-hara di malam harinya. 

Aku sendiri tidak ikut datang. Sesudah shalat subuh di pagi 4 November itu aku hanya mengajak para jamaah untuk berdoa agar kiranya demo itu berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang buruk. Setelah siang aku tahu ada beberapa orang anak muda jamaah mesjid kami yang ikut ke Mesjid Istiqlal siang hari itu.

Sekali lagi sangat mengagumkan mengamati umat Islam yang hadir, yang berasal dari berbagai kelompok organisasi, datang dengan tertib, dengan satu tujuan yang sama, meminta ditegakkannya keadilan atas orang yang melecehkan al Quran. Kita jadi penuh harap bahwa suatu saat, umat Islam Indonesia yang seringkali dipermainkan, dilecehkan, dizhalimi, akan mampu menunjukkan kebersamaan mereka dalam jamaah. Sesuatu yang memang seharusnya kita lakukan.

Islam sebagai agama yang damai, yang santun, yang bersatu dalam jamaah telah ditunjukkan pada saat demo 4 November yang lalu. Kita berusaha membela kesucian al Quran, Allah pasti menyaksikan apa yang diperjuangkan umat yang datang berdemo. Hasilnya mungkin saja masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Fihak yang didemo sepertinya mencoba membuat manuver-manuver, berusaha menghindar dan mengaburkan tuntutan. Kita serahkan urusan ini kepada Allah. Kalau memang ada usaha-usaha untuk membela kemungkaran ini, biarlah Allah yang menentukan keputusan akhir. Mudah-mudahan kita umat Islam Indonesia senantiasa diberi keteguhan iman dan kekuatan untuk menegakkan keadilan. Aamiin....    

****                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar