Selasa, 27 Juni 2017

Terancam? Tidakkah Kamu Minta Perlindungan Allah?

Terancam? Tidakkah Kamu Minta Perlindungan Allah?  

Seorang kemenakan bercerita bahwa suatu hari mobilnya diikuti dua sepeda motor yang memepetnya sambil menunjuk-nunjuk ke ban mobil. Dia tahu bahwa ban mobilnya itu sudah dikerjain, jalan mobil terseok-seok. Dan dia tahu bahwa kalau dia berhenti pastilah dia akan jadi mangsa di jalan yang relatif sepi saat itu. Dan dia tidak mau berhenti. Mobil dengan roda yang tidak  normal itu dipacunya sampai ke sebuah bengkel kenalannya, yang untung saja tidak terlalu jauh letaknya. Dan dia menemukan bahwa dua ban mobil bagian belakang  itu tertusuk paku ranjau. 

Kejahatan seperti ini sudah cukup lama keberadaannya di Jakarta. Akupun pernah mengalami ban mobil tertusuk paku khusus tersebut. Dan aku berhenti di pinggir jalan yang cukup ramai, mengunci pintu mobil sebelum mengganti ban yang kempes itu. Memang begitu usaha untuk terhindar dari pencurian paksa. Jika pintu tidak dikunci, alamat akan digerayangi ketika kita sedang bekerja mengganti ban. 

Ada kemenakan lain yang bekerja sebagai pengendara taksi online. Dia mengeluh dan ketakutan terhadap ancaman begal ataupun perampok jalanan. Karena beredar cerita betapa sadisnya para pembegal yang tidak segan-segan membunuh korbannya. Lalu bagaimana? Apakah akan berhenti berusaha, bekerja sebagai sopir taksi? 

Aku menasihatinya agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Hanya Allah saja yang sebaik-baik tempat berlindung dan tempat meminta pertolongan. Serahkan diri sepenuhnya kepada-Nya dan bertawakkal. Baca bismillaahi tawakkaltu setiap kali akan melangkahkan kaki dari rumah, lalu yakini sepenuhnya bahwa Allah akan menolong dan melindungi dari setiap bentuk kejahatan.

Yang namanya begal, rampok, bajak laut sudah ada sejak entah kapan-kapan. Cerita orang dibegal, dirampok, dibajak sudah terdengar sejak kapan-kapan. Tapi apakah setiap orang lalu berhenti saja berusaha karena takut dirampok? Tentu bukan demikian cara menghindar dari menjalankan pekerjaan mencari nafkah. Mintalah perlindungan Allah setiap saat.   

****                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar