Kamis, 02 November 2017

Tentang Kematian (Lagi)

Tentang Kematian (Lagi)  

Agak terkesiap aku waktu sampai di mesjid subuh tadi. Ada keranda jenazah di sudut bagian belakang mesjid untuk dishalatkan sesudah shalat subuh. Aku tidak tahu jenazah siapa. Aku sempat bertanya sebelum shalat subuh dan dijawab itu adalah jenazah pak N. Pak N ini waktu maghrib tadi masih ikut shalat berjamaah. Aku sangat kaget mendengar tapi tidak melanjutkan pembicaraan tentang kematiannya karena iqamat sudah dikumandangkan.

Pak N ini adalah warga komplek yang sudah lebih dahulu dariku jadi warga lingkungan ini. Hanya saja sejak beberapa tahun terakhir dia lebih banyak tinggal di kampungnya di Jawa Tengah. 

Sejak dua bulan terakhir dia kembali muncul di komplek kami, tinggal bersama anaknya. Kondisi tubuhnya agak kurang sehat. Sepertinya dia pernah mengalami stroke. Berjalan tertatih-tatih dengan menggunakan tongkat. Yang agak berbeda sejauh yang aku amati dia jadi sangat rajin berjamaah ke mesjid. Pernah ketika aku lihat dia tidak terlalu kuat berdiri, aku anjurkan untuk menggunakan kursi dan shalat sambil duduk, dia menolak dan mengatakan dia tidak apa-apa. Alhamdulillah memang tidak ada masalah waktu itu.  

Tadi malam dia masih ikut shalat maghrib berjamaah dengan kami. Aku tidak memperhatikan apakah dia juga hadir di saat shalat isya. Menurut anaknya, jam setengah dua belas dia terjatuh dari tempat tidur. Karena kondisinya mengkhawatirkan oleh anaknya segera dibawa ke rumah sakit. Rupanya itulah akhir hayatnya. Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun. 

Jenazahnya dimandikan dan dikafani di rumah sakit. Sepertinya tadi subuh itu langsung dibawa ke mesjid untuk dishalatkan. Sesudah dishalatkan jenazahnya dibawa ke kampungnya di Majenang.

Mudah-mudahan pak N meninggal dalam husnul khaatimah.....

****                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar