Kamis, 08 Februari 2018

Balikpapan (lagi)

Balikpapan  (lagi) 

Sudah hampir empat tahun aku tidak berkunjung ke Balikpapan. Selama keluarga si Tengah di Perancis selama hampir tiga tahun sampai pertengahan tahun lalu, aku tidak pernah berkunjung ke kota ini. Tapi sejak keluarga ini pulang dari Perancis mereka kembali ke Balikpapan dan kami berkesempatan lagi untuk datang mengunjungi cucu. Sudah sejak beberapa bulan yang lalu kami ditantang untuk datang. Baru hari Rabu tanggal 7 Februari kemarin kesempatan itu bisa direalisasikan.

Surprise pertama yang kami temui adalah bandaranya yang besar dan sangat bagus, yang empat tahun yang lalu masih dalam tahap penyelesaian.  Aku sudah membaca informasi tentang kehebatan bandara baru ini tapi baru kali ini melihatnya. Sudah sangat moderen, rapi dan teratur. 

Kami (aku dan istri) dijemput oleh menantu, si Tengah serta kedua cucu (Hamizan dan Fathimah) dan langsung menuju ke rumah mereka di Balikpapan Baru. Mereka tidak lagi tinggal di rumah perusahaan. Meski baru beberapa pekan yang lalu kami berpisah dengan cucu-cucu ini, pertemuan dengan mereka selalu sangat menyenangkan.

Sore itu aku diajak menantu shalat berjamaah ke mesjid di luar komplek perumahan. Jaraknya mungkin sekitar satu kilometer dari rumah. Sebuah mesjid besar dan megah. Mesjid Namirah namanya. Jamaah shalat maghrib sangat ramai. Menurut menantuku setiap Rabu sore biasanya ada ta'lim di mesjid ini antara maghrib dan 'isya. Tapi kebetulan sore itu penceramahnya berhalangan hadir. 

Pelan-pelan aku menemukan apa yang diceritakan si Tengah bahwa Balikpapan sekarang berbeda (dalam arti kata), banyak sekali mesjid-mesjid yang ramai jamaahnya. Menantuku memperjelas keterangan itu dengan menyebutkan beberapa mesjid lain yang pernah dikunjunginya waktu shalat maghrib dengan jamaah yang banyak terdiri dari beberapa shaf. Waktu kami datang untuk shalat subuh hari Kamis pagi jamaah mesjid Namirah ini lebih 5 shaf, yang artinya lebih dari 150 orang jamaah. Sekitar dua puluh tahunan yang lalu aku hadir shalat subuh di mesjid Istiqamah, jamaahnya mungkin sekitar 40 - 50 orang saja dan rasanya itu sudah terhitung banyak ketika itu. 

Masih menurut si Tengah semangat menjalankan Islam dengan lebih baik juga sangat terlihat di Balikpapan. Banyak majelis-majelis pengajian di mana-mana dengan pengajian sunnah dan diikuti oleh banyak jamaah. 

Semoga cahaya Islam semakin bersinar di kota ini dan menjadi contoh kepada kota-kota lain di Indonesia.

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar