Rabu, 14 Desember 2016

Mendengar Ta'lim Dan Amalan Yang Paling Utama

Mendengar Ta'lim Dan Amalan Yang Paling Utama 

Seorang teman bertanya dalam keadaan setengah bingung, kenapa kita sering pergi mendengarkan pengajian / ta'lim tapi semakin sering pula kita tergoda untuk berbuat dosa. Begitu pertanyaannya. Agak mengambang memang pertanyaannya ini. Kenapa dengan sebab sering hadir di majelis ilmu bisa menyebabkan dia malah sering tergoda untuk berbuat dosa seperti yang dikatakannya. Dia tidak menjelaskan semakin sering tergoda berbuat dosa seperti apa. Atau mungkin maksudnya dia tidak mampu mengamalkan yang dia dengar di pengajian.

Memang ada saja orang yang merasa bahwa dia tidak mendapat tambahan ilmu sesudah mendengarkan ceramah atau pengajian. Sebenarnya mungkin bukan tidak mendapatkan ilmu, tapi tidak mampu mengamalkan ilmu yang baru didapatkannya. Di sebuah pengajian misalnya dibahas tentang keutamaan shalat di awal waktu. Sederhana ilmu yang diterangkan itu. Ustadznya menjelaskan sebuah hadits sebagai berikut;   

Dari Abu Amr Asy-Syaibani, dia berkata : Telah bercerita kepada saya pemilik rumah ini –dia mengisyaratkan dengan tangannya ke rumah Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu-, dia berkata :

Saya bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam: “Amal perbuatan apa yang paling dicintai Allah ?”.

Beliau menjawab : “Shalat pada waktunya”.

Saya bertanya : “Kemudian apa ?”.

Beliau menjawab : “Berbakti kepada kedua orang tua”.

Saya bertanya : “Kemudian apa ?”.

Beliau menjawab : “Jihad di jalan Allah”.

Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu berkata : “Rasulullah menyampaikan ketiganya kepada saya, jika saya menambah pertanyaan tentangnya, niscaya beliau menjawabnya”. Muttafaq Alaih.

Begitu urut-urutan amal yang paling utama menurut keterangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Shalat di awal waktu adalah amalan yang paling utama. Pada hadits yang lain diterangkan keutamaan shalat berjamaah di mesjid terutama bagi laki-laki sebagai berikut;

Dari Abu Hurairah  radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatgandakan pahalanya 25 kali atas shalat sendirian yang dia kerjakan di rumah dan di pasar. Hal itu apabila ia berwudhu dengan sempurna, lalu ia keluar menuju ke masjid dan tidak ada yang mendorongnya keluar (menuju ke masjid) selain shalat. Tidaklah setiap langkahnya kecuali akan mengangkatnya satu derajat dan menghapuskan darinya satu kesalahan. Apabila ia shalat, malaikat akan senantiasa mendoakannya selama ia berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Salah seorang di antara kalian tetap dianggap berada dalam shalat selama ia menanti shalat.”

Seyogianya jika kita ingin memperbaiki amal ibadah sesudah mendengar ta'lim adalah dengan berusaha sekuat-kuatnya untuk mengamalkan ilmu yang kita dengarkan tersebut. Terutama sekali dalam hal menegakkan shalat. Perbaiki shalat kita, mudah-mudahan sesudah itu kita akan mendapat bimbingan Allah dalam menjalankan amalan-amalan yang lain. 

****  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar